https://palembang.times.co.id/
Berita

Restorasi Segera Tuntas, Lebak Cindo Sungai Sekanak Palembang Diplot Jadi Spot Wisata

Kamis, 17 Juni 2021 - 14:46
Restorasi Segera Tuntas, Lebak Cindo Sungai Sekanak Palembang Diplot Jadi Spot Wisata Wali Kota Palembang Harnojoyo Saat Meninjau Lebak Cindo Sungai Sekanak (FOTO: Dok Bakohumas PLG)

TIMES PALEMBANG, PALEMBANGKota Palembang sudah berumur 1338 tahun. Upaya penataan terus dilakukan terutama penataan kawasan kumuh. Di antaranya kawasan Lebak Cindo, salah satu bagian dari program restorasi Sungai Sekanak yang ditarget akan rampung dalam 2 tahun ke depan.

"Kawasan tersebut hampir rampung, dan ditargetkan selesai Juli mendatang," ujar Wali Kota Palembang Harnojoyo dalam keterangan persnya, Kamis (17/7/2021).

Diketahui, dalam pengerjaan proyek restorasi ini, Pemkot Palembang mendapatkan suntikan dana untuk dua paket pengerjaan.

"Pertama dari  Balai Besar Wilayah Sungai senilai Rp. 38 miliar dan dari Kementerian PU Cipta Karya untuk kawasan kumuh senilai Rp14 miliar," terang Politisi Demokrat ini.

Meninjau-Lebak-Cindo-Sungai-Sekanak-2.jpg

Saat ini, lanjut Harno, progres di Lebak Cindo sudah 90 persen. "InsyaAllah Juli mendatang rampung. Tapi memang masih ada satu persil lagi yang belum selesai ganti rugi. Dalam waktu dekat akan dibayarkan," katanya.

Melalui penataan kawasan kumuh ini, pemkot berharap dapat meningatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat. "Saya yakin kawasan ini akan jadi destinasi wisata baru. Setelah sebelumnya penataan Jalan Sudirman, nah kali ini kawasan Lebak Cindo akan rapi dan bersih,"terang Dia.

Dikatakan Harno, proyek Sekanak-Lambidaro ini masuk proyek strategis nasional. "Mudah-mudahan proyek multiyears ini selesai sesuai target," ungkapnya.

Sementara itu, Muhammad Zuherlan, dari Kementerian PU Cipta Karya, mengatakan, penataan kawasan Lebak Cindo ini sepanjang 540 meter. saat ini sudah tahap finishing. 

"Tinggal merapikan saja. Sebagian ada yang belum karena masih ada satu rumah lagi yang belum dibongkar, Insya Allah minggu-minggu ini selesai," ujar Zuherlan, Tim dari Kementerian PU Cipta Karya terkait restorasi Lebak Cindo di Sungai Sekanak, Kota Palembang. (*)

Pewarta : Fathur Rochman
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palembang just now

Welcome to TIMES Palembang

TIMES Palembang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.