Berita

Komisi II DPR RI Akan Rapat Bahas Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024

Selasa, 18 Januari 2022 - 16:42
Komisi II DPR RI Akan Rapat Bahas Jadwal dan Tahapan Pemilu 2024 Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia. (FOTO: DPR RI)

TIMES PALEMBANG, JAKARTAKomisi II DPR RI akan menggelar rapat kerja (Raker) dan rapat dengar pendapat (RDP) dengan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian, para pimpinan KPU, Bawaslu dan DKPP untuk membahas jadwal dan tahapan Pemilu 2024.

Jika tidak ada perubahan jadwal, demikian menurut Ketua Komisi II DPR RI Ahmad Doli Kurnia, rapat kerja pembahasan jadwal dan tahapan Pemilu 2024 akan digelar pekan depan, Senin, 24 Januari 2022.

"Komisi II DPR mengundang Mendagri, KPU, Bawaslu, dan DKPP untuk membicarakan tanggal dan tahapan Pemilu 2024 pada Senin, 23 Januari 2022. Kami harapkan setelah rapat tersebut dapat diputuskan jadwal Pemilu 2024," ucap Doli di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (18/1/2022).

Kata dia, Komisi II DPR RI dalam rapat bersama Menteri Dalam Negeri sebelumnya juga telah menugaskan pemerintah untuk berkoordinasi dengan penyelenggara Pemilu terkaut jadwal dan tahapan Pemilu 2024. 

Hal ini dilakukan karena masih adanya perbedaan pendapat antara pemerintah dan KPU terkait jadwal Pemilu 2024.

"Komisi II DPR juga meminta KPU untuk lakukan konsolidasi dengan penyelenggara pemilu lainnya seperti Bawaslu dan DKPP," ujarnya.

Karena itu, jika sudah ada kesamaan pandangan antara pemerintah dan penyelenggara Pemilu terkait jadwal dan tahapan Pemilu 2024, Komisi II DPR RI tutur Doli, tinggal memutuskan.

"Kedua komponen tersebut terlibat langsung dalam Pemilu 2024 karena yang KPU mengurusi hal teknis pemilu dan pemerintah terkait anggaran penyelenggaraan Pemilu. Partai politik menjadi kontestan dan mereka yang menyiapkan semua tahapan Pemilu," demikian Ketua Komisi II DPR RI soal jadwal dan tahapan Pemilu 2024. (*)

Pewarta : Hasbullah
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palembang just now

Welcome to TIMES Palembang

TIMES Palembang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.