Ekonomi

Warga Binaan Lapas Pagaralam Dilatih Kemandirian Kerja

Kamis, 17 Juni 2021 - 13:42
Warga Binaan Lapas Pagaralam Dilatih Kemandirian Kerja Warga binaan jadi peserta pelatihan kemandirian yang digelar Lapas Kelas III Pagaralam, (FOTO: Asnadi/TIMES Indonesia)

TIMES PALEMBANG, PAGARALAM – Puluhan warga binaan di lingkup Lapas Kelas III Pagaralam (Lapas Pagaralam), Kamis (17/6/2021) diberikan pelatihan kemandirian. Dengan mendatangkan pelatih dari Bujang S Craf (BSC) dari IKM kerajinan lokal di Pagaralam.

Peserta diberikan bekal keterampilan membuat berbagai kerajinan berbahan dasar kayu dan bambu.

"Kegiatan ini adalah program pelatihan kemandirian, dan menjadi tanggung jawab pihak Lapas membina warga binaan (napi, red) ujar Kepala Lapas Kelas III Pagaralam, Jalaludin SH didampingi Kasubsi Pembinaan Rifqi Affandi SPsi Msi disela pembukaan pelatihan.

Nantinya mereka, peserta dari warga binaan memiliki bekal ditengah masyarakat. "Kita harapkan demikian, pelatihan ini adalah bekal mereka untuk mandiri bekerja," harapnya.

Disampaikan Jalaludin sebelumnya, bahwa pelatihan kemandirin ini bukan untuk pertama kalinya. Namun sudah menjadi agenda rutin di Lapas. Seperti belum lama ini, sudah digelar pelatihan tataboga bekerja sama dengan LLK Pagaralam.

“Kita harapkan nantinya, pelatihan ini juga bisa menciptakan sumber daya manusia yang terampil. Warga binaan permasyarakatan yang bermanfaat, berilmu, berakhlak dan berguna bagi diri sendiri, keluarga, bangsa dan Negara,” beber Jalaludin seraya mengatakan kepada warga binaan kesempatan pelatihan ini jangan disia siakan dan dilakukan dengan sungguh sungguh.

Sementara, Yulizar Andriansyah, Kepala LLK Pagaralam menyampaikan, pihaknya menyambut baik kegiatan yang diselenggarakan Lapas. Sudah sepatutnya mereka dibekali pelatihan pelatihan kerja agar mereka mandiri.

"Kita sangat mensupport pelatihan kemandirian di Lapas bagi warga binaan. Kepada peserta untuk serius mengikuti dan semoga bermanfaat nantinya," harap dia.

Banyak kerajinan yang bisa dibuat dan itu bernilai ekonomi jika dilakukan. Seperti pada pelatihan warga binaan Lapas Pagaralam ini, berbahan baku yang mudah didapat di lingkungan sekitar tempat tinggal kita seperti kayu atau bambu. "Itu bisa dibuat berbagai kerajinan seperti miniature sepeda, bubu atau kinjarg (keranjang, red) hingga beberabai jenis perabot dapur,” ucap Bujang owner workshop BSC yang berlokasi di Pelang Kenidai. (*)

 

Pewarta : Asnadi (MG-255)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palembang just now

Welcome to TIMES Palembang

TIMES Palembang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.