Wisata

Situs Karang Kamulyan Terkenal Dengan Legenda Ciung Wanara

Kamis, 15 April 2021 - 07:48
Situs Karang Kamulyan Terkenal Dengan Legenda Ciung Wanara Batu Pangcalikan, tempat singasana para raja dan tempat musyawarah (foto: instagram/malamuseum)

TIMES PALEMBANG, CIAMISSitus Karang Kamulyan yang terkenal dengan legenda Ciung Wanara bisa menjadi tempat singgah Anda saat mudik melewati jalur selatan. Situs Karang Kamulyan adalah jejak zaman Kerajaan Galuh pada abad ke-7 atau masa peradaban Hindhu-Budha. Lokasinya berada di Kecamatan Cijeunjing, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Peninggalan Kerajaan Galuh di dalam Situs yang luasnya 25 hektar ini salah satunya, ada tempat Panyabungan Hayam (Sabung Ayam). Tempat sabung ayam ini dikeliingi peopohonan kecil yang membentuk persegi. Konon, itu merupakan tempat sabung ayam antara Ciung Wanara dan Bondan Sarati.

Situs Karang Kamulyan 2Situs Karang Kamulyan di Ciamis, Jawa Barat (foto: instagram/malamuseum)

Selanjutnya, ada berbagai batu yang kental dengan jejak Kerajaan Galuh dan mempunyai nilai sejarahnya masing-masing. Pertama, ada Batu Pangcalikan, konon ini merupakan tempat musyawarah para raja dan tempat singgasananya.

Kedua, ada Batu Panyandaan, masyarakat sekitar percaya batu ini merupakan tempat istirahat Ibunya Ciung Wanara. Selanjutnya, ada Batu Lambang Peribadatan. Batu tersebut berbentuk persegi yang berdiri di tengah dan dikelilingi banyak batu bulat. 

Selain itu, ada beberapa tokoh Kerajaan galuh yang disemayamkan di Situs ini. Di antaranya, makam Adipati Panaekan, Pamangkonan dan Patimuan Leuwi Sipatahunan.

Di Situs ini juga Anda bisa melihat muara sungai, pertemuan antara sungai Citanduy dan sungai Cimuntur. Konon, Aki dan Nini Balangantrang menemukan bayi Ciung Wanara di muara sungai tersebut saat Ciung Wanara dihanyutkan ke sungai oleh Dewi Pangrenyep.

Situs Karang Kamulyan 3Batu Peribadatan di Situs Karang Kamulyan (foto: instagram/swastika78)

Selanjutnya, Anda bisa melihat jalan kuno, yang konon dipercaya sebagai jalan penghubung antara Kerajaan Pajajaran dan Majapahit.

Ketika Anda datang ke Situs ini, pastinya Anda juga disuguhkan dengan pemandangan alam yang indah. Banyak pepohonan hijau yang asri dan bebas polusi. Anda juga akan melihat banyak kera yang menyambut Anda di Situs ini.

Jadi, tunggu apa lagi, jadikan wisata Situs Karang Kamulyan ini jadwal persinggahan Anda ketika mudik. Apalagi lokasinya cukup strategis yaitu antara Kabupaten Ciamis dan Kota Banjar. (*)

Pewarta : Hilman Hilmansyah (MG-312)
Editor : Imadudin Muhammad
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palembang just now

Welcome to TIMES Palembang

TIMES Palembang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.