Wisata

Jelang Libur Imlek, Ini Lima Destinasi Wisata Surabaya yang Wajib Dikunjungi

Minggu, 23 Januari 2022 - 13:34
Jelang Libur Imlek, Ini Lima Destinasi Wisata Surabaya yang Wajib Dikunjungi Pagoda Tian Ti salah satu destinasi wisata di Surabaya. (Foto: Instagram @indraiswanto84)

TIMES PALEMBANG, SURABAYA – Tahun baru Imlek akan segera datang. Sudah mempersiapkan apa saat libur Imlek nanti?

Agar libur Imlekmu semakin terasa TIMES Indonesia punya 5 rekomendasi destinasi wisata di Surabaya yang wajid kamu kunjungi, berikut daftarnya:

1. Klenteng Sanggar Agung

Kelenteng Sanggar Agung atau Klenteng Hong San Tang adalah terlerak peisisr pantai, tepatnya di kawasan wisata Kenjeran Park Surabaya. Klenteng ini sangat terkenal dengan patung Dewi Kwan Im dan patung Naga Dua.

Waktu yang tepat berkunjung di tempat ini sebenarnya bisa kapanpun namun, jika ingin mendapatkan hasil foto yang cantik dengan langit kemerahan adalah saat pagi hari. Jangan lupa siapkan kamera untuk mengabadikan momen di tempat ini.

Saat perayaan Imlek, tentu tempat ini akan sangat ramai dengan umat yang sedang sembahyang. Perayaan Imlek tentu akan semakin terasa.

2. Pagoda Tian TI

Pagoda Tian Ti masih berada di kawasan wisata Kenjeran Park Surabaya. Sama dengan Klenteng Sanggar Agung, tempat ini juga merupakan salah satu ikon wisata Kota Surabaya.

Ketika berada di Pagoda Tian Ti, kita seperti sedang bewisata di Negara Tirai Bambu Cina. Bangunan Pagoda yang menjulang tinggi dan besar serta arsitektur khas Tionghoa menjadikan hasil jepretan menjadi sangat indah.

3. Kampung Tambak Bayan

Pagoda-Tian-Ti-salah-satu-destinasi-wisata-di-Surabaya-2.jpgKampung Tambak Bayan Surabaya. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

Kampung Tambak Bayan merupakan kampung Pecinan yang terletak di Kota Surabaya. Hampir seluruh warganya beretnis Tionghoa. Tambak Bayan terdiri dari gang-gang sempit yang lebarnya kurang dari satu meter.

Rumah-rumah sederhana dengan lebar tak lebih dari 4 meter berada di samping kiri dan kanan. Arsitektur lawas pun masih kental terasa dari masing-masing rumah. Di setiap sudut gang terdapat ornamen-ornamen yang kental akan kebudayaan etnis Tionghoa. Seperti lukisan-lukisan disetiap tembok gang yang menggambarkan nuansa Negeri Tirai Bambu.

Memiliki corak berwarna merah yang identik dari negeri China, ornamen-ornamen seperti lampion juga masih digantung di beberapa titik, serta bingkai-bingkai dari leluhur mereka juga masih terpajang rapi disetiap rumah masing-masing.

4. Kya-Kya Surabaya

Pagoda-Tian-Ti-salah-satu-destinasi-wisata-di-Surabaya-3.jpgKya-kya Surabaya. (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

Surabaya punya kawasan Pecinan yang pernah ramai di awal tahun 2000-an. Kawasan tersebut adalah Kya-kya Kembang Jepun Surabaya. Kya-kya sendiri artinya jalan-jalan.

Kya-kya Surabaya terletak di tak jauh dari pusat kota Surabaya, meski Kya-kya tak seramai dulu, ornamen-ornemen Cina masih ada di Kya-kya. Bukan hanya itu beberapa Chinese Food juga masih bertahan di Kya-kya. Rata-rata mereka buka pada malam hari saat pertokoan mulai tutup.

5. Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya

Masjid Muhammad Cheng Ho Surabaya memiliki arsitektur Cina yang khas. Seluruh sudutnya berwarna merah. Masjid ini sebagai simbol perdamaian umat beragama.

Tak ada salahnya saat Imlek, masjid Cheng Ho menjadi salah satu daftar tempat wisata yang dikunjungi. Untuk sekedar belajar sejarah, foto-foto atau berwisata. Bagi umat muslim tentunya sekaligus melaksanakan ibadah sholat.

Itulah tadi 5 destinasi wisata di Surabaya yang bisa dikunjungi saat libur Imlek nanti.

Pewarta : Khusnul Hasana (MG-242)
Editor : Faizal R Arief
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palembang just now

Welcome to TIMES Palembang

TIMES Palembang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.