https://palembang.times.co.id/
Berita

Jamin Kenyamanan Penumpang di Libur Lebaran 2025, PT KAI Pastikan Calo Ditindak Tegas

Jumat, 14 Februari 2025 - 18:48
Jamin Kenyamanan Penumpang di Libur Lebaran 2025, PT KAI Pastikan Calo Ditindak Tegas ILUSTRASI: PT KAI siap memastikan kenyamanan untuk penumpang untuk angkutan libur lebaran (FOTO: Dok. TIMES Indonesia)

TIMES PALEMBANG, JAKARTA – PT Kereta Api Indonesia (PT KAI) memastikan bakal menindak tegas calo tiket yang menjual kembali tiket untuk keuntungan demi kenyamanan dan kelancaran perjalanan penumpang selama angkutan libur Lebaran 2025.

"PT KAI akan menindak tegas oknum calo yang merugikan pelanggan," kata VP Public Relations KAI Anne Purba di Jakarta, Jumat (14/2/2025) seperti dikutip Antara.

Menurutnya, pelanggan dapat segera melaporkan aktivitas calo yang mencurigakan melalui layanan pengaduan KAI121 yang dapat dihubungi 24 jam melalui media sosial, email [email protected] atau WhatsApp KAI121 di nomor 0811-1211-1121. 

PT KAI pun mengingatkan agar pelanggan hanya membeli tiket melalui saluran resmi yang tersedia untuk memastikan harga terbaik dan kenyamanan dalam pemesanan.

Pemesanan tiket untuk angkutan Lebaran 2025 telah dibuka sejak 4 Februari 2025. Tiket dapat dibeli hingga H-45 sebelum keberangkatan melalui aplikasi Access by KAI, situs booking.kai.id, serta mitra resmi Online Travel Agent (OTA).

"Kami mengimbau pelanggan untuk hanya membeli tiket melalui saluran resmi KAI guna menghindari potensi penipuan dan kesalahan pemesanan," ujar Anne.

Lebih lanjut, dia mengatakan bahwa masyarakat juga perlu diketahui bahwa loket stasiun hanya melayani pembelian yang datang langsung (go show) mulai 3 jam sebelum keberangkatan kereta api.

“Mulai 4 Februari, tiket untuk keberangkatan hingga 45 hari sebelum Lebaran sudah bisa dipesan pada pukul 00.00 WIB. Kami mengimbau pelanggan untuk segera merencanakan perjalanan agar tidak kehabisan tiket dan mendapatkan harga terbaik,” ucap Anne.

Dalam menghadapi tingginya permintaan pada masa mudik Lebaran 2025, KAI tengah mempersiapkan layanan kereta tambahan untuk memberikan lebih banyak opsi perjalanan bagi masyarakat.

Saat ini, tersedia sebanyak 2.877.473 tempat duduk untuk perjalanan KA JJ reguler pada periode 21 Maret hingga 11 April 2025.

Untuk memastikan perjalanan yang aman dan nyaman, KAI melakukan pemeriksaan menyeluruh terhadap sarana perkeretaapian, termasuk pengecekan teknis dan operasional pada lokomotif dan rangkaian kereta.

"Keamanan tetap menjadi prioritas utama KAI dalam menghadapi lonjakan penumpang pada periode angkutan Lebaran tahun ini," katanya.

Ia menambahkan, saat ini sejumlah kereta api (KA) reguler favorit untuk perjalanan Lebaran telah banyak dipesan, antara lain KA Airlangga, KA Bengawan, KA Kahuripan, KA Serayu, KA Kutojaya Selatan, KA Tegal Bahari, KA Gumarang, KA Sawunggalih, KA Blambangan Ekspres, KA Matarmaja, KA Fajar Utama YK, dan KA Majapahit.

PT KAI berkomitmen untuk terus memberikan pengalaman perjalanan yang aman, nyaman dan menyenangkan bagi seluruh penumpang selama angkutan Lebaran 2025. "Kami akan terus berinovasi dan meningkatkan layanan agar dapat memberikan pengalaman mudik yang lebih baik,” kata Anne. (*)

Pewarta : Antara
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Palembang just now

Welcome to TIMES Palembang

TIMES Palembang is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.